25 November 2010

Dampak Sosial Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jaringan Komputer: Janji dan Paradoks
World Wide Web Unleashed

1. - (www.tri.co.id) - (www.indosatm2.com) - (www.smart-telecom.co.id)
2. Ada kemungkinan di bulan desember itu merupakan kondisi yang cukup baik dalam melakukan pengembangan Web sebagai alat untuk commerce, seperti adanya liburan panjang anak sekolahan maupun anak kuliahan yang membuat para pencetus pengembang web timbul ide-ide yang menarik untuk memberikan sesuatu yang inovatif agar masyarakat bisa memilikinya. Seperti kita ketahui, commerce sendiri memiliki arti sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer lewat koneksi internet. Itulah sebabnya banyak yang mengembangkan ide-ide melalui Web. (sumber: id. wikipedia. org)
3. Menurut saya, tingkat komunikasi yang terjadi lewat Web itu membutuhkan cara berkomunikasi yang optimal agar proses pembicaraan dengan lawan bicara kita dapat dipercaya dengan baik. Sementara fungsi komunikasi dalam pelayanan Web adalah agar kita sebagai pengguna internet yang seringkali membuka Web-Web tertentu dapat menyaring segala informasi yang telah disediakan oleh Web dan kita dapat berpikir kritis untuk menjalankannya.

Komputer Umur Keuntungan Menghargai Ekonom

1. Produktivitas kerja yang meningkat dari sisi komunikasi yaitu harus adanya kualitas dari segi pelayanannya, dari segi cara kerjanya, dari segi pondasi komunikasi yang kuat, hingga produk yang memberikan jaminan kuat bagi masyarakat.
2. Menurut saya informasi tunggalnya seperti adanya penjualan modem internet unlimited. Karena seiring majunya perkembangan dunia teknologi dan informasi, dampak dari permintaan masyarakat sekarang akan semakin meningkat untuk mencapai hasil maksimal dalam melakukan pekerjaannya.

The Delusion Komputer

1. Tidak. Karena kita jangan sampai melupakan kelas-kelas pendidikan, kelas musik dan kelas seni sebagai pelajaran yang mengasah kemampuan kita untuk terus berekspresi kepada dunia bahwa tidak hanya unggul dalam dunia teknologi saja, tapi kita mampu menjaga kelas-kelas kebudayaan seperti musik dan seni di negara kita. Jadi sebaiknya jangan dipotong.
2. Menurut saya para politisi dan administrator menaruh kepercayaan terhadap teknologi komputer disebabkan mengikuti perkembangan tren masa kini yang terus membaik dan adanya jaringan yang kuat membuat para politisi dan administrator percaya akan teknologi komputer.
3. Perbedaanya kalau belajar dengan menulis di kelas itu kita masih menggunakan media tradisional seperti spidol,penghapus, bolpoint/pena dan bila ingin mencari penelitian kita harus mencari menggunakan buku-buku di perpustakaan. Sedangkan kalau belajar dengan komputer kita sudah lebih praktis karena kita memakai keyboard dengan layar monitor yang tajam yang membuat kita sebagai anak muda lebih efisien waktu dalam melakukan pembelajaran.

Tampilan dystopian Teknologi Informasi
Eksplorasi lebih lanjut ke dalam Budaya Computing

1. Menurut saya tidak setuju, karena sebagaimnana kita ketahui kepercayaan teknokratis merupakan pendekatan matematis yang berhubungan dengan keuangan. Di negara kita yang sedang berkembang ini memang perlu sekali dengan adanya komputer dan jaringan informasi untuk memperkuat hubungan dengan siapapun. Tapi, Hal ini akan terasa sulit bila kondisi keuangan relatif terbatas bagi masyarakat yang kurang mampu, sementara kebutuhan dan tuntutan pembangunan jaringan komputer cukup banyak.
2. Seperti kita ketahui, Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Sumber (http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer)
Jadi komputer itu hanya alat untuk berpikir, bukan mengubah proses kita berpikir sesuai tuntutan komputer yang aneh.
3. Menurut saya tidak setuju. Karena dengan adanya jaringan komputer, kita bisa berkomunikasi dengan keluarga/sahabat/kerabat/kekasih bila berjarak cukup jauh. Dari situlah, dengan adanya jaringan komputer kita masih bisa menyatukan diri dengan keluarga/sahabat/kerabat/kekasih walaupun jaraknya cukup jauh atau sangat jauh sekalipun.

Peneliti Temukan Kesedihan dan Kesepian Dunia di Cyberspace

1. Menurut saya, karena bila suatu hubungan yang dilakukannya dengan jarak jauh dan berkomunikasinya melalui internet itu sah-sah saja. Namun, bila hubungan jarak jauh melakukannya dengan terus-menerus menggunakan internet, otomatis keamanan pribadi dan kebahagiaan bisa jadi luntur dan privasinya menjadi buruk.
2. Menurut saya yang harus dilakukan adalah
CARA PERTAMA:
menasehatinya agar jangan terus-menerus bermain internet. Kita sebagai orang yang menasehati si pengguna harus memberikan hal-hal yang negatif kepada pengguna yang sering bermain internetan. Jangan mudah percaya dengan hal-hal yang kelihatannya masuk akal yang ada di internet. Kalau kita terus bermain di dunia maya nanti kita bisa dianggap manusia yang senang sekali bermain imajinasi yang buruk dan dianggap tidak bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
CARA KEDUA:
Bila cara pertama gagal, kita bisa melakukannya dengan memakai sistem waktu buka tutup (on/off) pada koneksi internet (dengan cara rahasia) agar si pengguna internet tidak bisa memakainya. Dan kita terus memberikan motivasi kepada si pengguna yang keranjingan bermain internet agar jangan terus terjerumus di dunia maya.

0 komentar:

My Music

 

©2017 Jingkrak Idea's | by TNB